KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA SUMATERA UTARA

Kamabida Ajak Besarkan Gerakan Pramuka Sumatera Utara

By[email protected]

Sep 1, 2021

Medan, Pusinfo – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (kamabida) Gerakan Pramuka Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan satu wadah bagi generasi muda untuk menempah jati dirinya sebagai manusia yang disiplin, ulet dan kokoh.

Menurut Edy Rahmayadi, kehadiran Gerakan Pramuka dapat dirasakan apabila menghayati kegiatan-kegiatan Pramuka yang sangat berguna bagi masa depan anak bangsa.

“Ada nilai-nilai jiwa berjuang, pengorbanan dalam kehidupan kebangsaan. Inilah yang diajarkan dalam Gerakan Pramuka,” ujar Edy dalam acara Apel Besar Hari Pramuka ke 60 Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Selasa (31/8/2021) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan.

Disebutkan Gubsu, sejak lahirnya Pramuka di Indonesia oleh Hamengkubuwono pada 1961, Pramuka telah mengambil andil dalam pembangunan bangsa.

Memotivasi generasi muda untuk cinta tanah air seperti kacu yang kita pakai saat ini, sebagai lambang merah putih yang terpatri di dada setiap anggota Pramuka.

Pada masa itu, Gerakan Pramuka berjalan sesuai kurikulum yang teratur. Namun yang terjadi saat ini Pramuka hanya ada pada seragamnya, akan tetapi nilai-nilai kepramukaan itu mulai luntur.

“Mari kita besarkan Pramuka di Sumatera Utara ini, sehingga akan menjadi tulang punggung bagi generasi muda. Lakukan kajian kurikulum agar Pramuka kembali berjaya,” kata Edy.

Dalam acara yang dihadiri Ketua Kwardasu H Nurdin Lubis,Ketua Panitia Hari Pramuka OK Zulkarnain juga diikuti secara zoom oleh pengurus Kwartir Cabang se Sumut dan 11 Saka dan 2 Sako Tingkat Daerah.

Penghargaan

Dalam rangkaian acara juga disematkan penghargaan kepada tokoh Pramuka di Sumut antara lain, Gubsu Edy Rahmayadi menerima penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Melati dari Kwarnas yang diserahkan oleh Ketua Kwardasu H Nurdin Lubis SH MM .

Selanjutnya anugrah diberikan kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis (Lencana Darma Bakti), Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. (Darma Bakti), Bupati Labura Hendriyanto Sitorus,SE, MM(Lencana Darma Bakti), Bupati Sergai H. Darma Wijaya (Pancawarsa IV), Rektor USU Dr Murianto Amin (Pancawarsa III) Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap (Pancawarsa III), Rektor USU, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. (Pancawarsa III) dan Kadispora Sumut Ir. Ardan Noor MM (Pancawarsa III).

Teks : Kat Atmo (Ka. Pusinfo Kwardasu)

Foto : Kak Untung (Sekr. Pusinfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *