KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA SUMATERA UTARA

Edy Rahmayadi: Saya Bisa Jadi Gubernur Karena Pramuka

By[email protected]

Des 18, 2020

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengaku dirinya bisa menjadi Gubernur karena Pramuka. “Saya bisa menjadi gubernur karena didikan Pramuka,” ujar Gubsu yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sumatera Utara, saat membuka Rapat Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara tahun 2020, Jumat (18/12) di Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam Kota Medan.

Dalam kesempatan itu, Edy berkisah saat dirinya menjadi anggota Pramuka tingkat Penggalang, pengalaman yang tidak pernah dilupakan saat dirinya hanya dibekali korek api untuk mengikuti penjelajahan di hutan. Dengan korek api itu diajarkan bagaimana untuk bisa bertahan hidup di hutan.

“Ternyata korek api itu bisa digunakan untuk membakar ubi,” kenang Gubsu. Namun, lanjut Edy, pendidikan seperti ini sudah hampir hilang. Sehingga jati diri sebagai anggota Pramuka pun hilang.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah ini menyampaikan kritikan tentang perkembangan pendidikan kepramukaan saat ini. Edy menilai sulit membedakan mana kader Pramuka dan bukan kader. “Yang membedakan Pramuka dengan masyarakat umum adalah seragamnya, bukan orangnya. Artinya yang ada saat ini keberadaan Pramuka masih sebatas seragamnya, bukan kegiatan kepramukaan,” ujar Edy Rahmayadi.

Ditegaskan Edy, tujuan awal lahirnya Pramuka di Indonesia oleh Sri Sultan Habengkubuwono IX, dibentuk sebagai membela negara. Karenanya kegiatan kepramukaan identik atau semi militer.

Edy meminta agar ada kurikulum yang jelas dalam pendidilan kepramukaan. “Pramuka harus punya kurikulum pendidikan Pramuka. Sehingga kaderisasi organisasi praja muda karana ini tercapai dan jelas”.

“Jangan anggap remeh dengan pendidikan kepramukaan. Karena saya bisa jadi Gubernur dan anggota TNI berkat pendidikan kepramukaan,” tegas Edy Rahmayadi.

Terkait Rapat Kerja ini, Kamabida meminta agar Ketua Kwartir Daerah melaporkan hasil dari rapat kerja ini. “Saya tunggu hasil Raker ini, dan susunlah program kerja yang jelas dan pasti,” tutup Gubsu.

Ketua Panitia Raker Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara tahun 2020, Ok Zulkarnaen SH.MSi, melaporkan, kegiatan ini bertujuan, untuk menyampaikan laporan kegiatan, menyampaikan laporan keuangan, menyerap aspirasi dalam bentuk rekomendasi untuk rumusan program kerja Kwarda Gerakan Pramuka Sumut.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka diwakili Wakil Ketua Bidang Bela Negara Harto P Yuwono SIp, dan diikuti jajaran pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sumut, pengurus Kwartir Cabang dan Ketua Dewan Kerja Cabang.

Teks : Kak Atmo

Foto : Kak Hisyam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *