KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA SUMATERA UTARA

Sidang Paripurna Daerah Kwardasu 2020 : Kolaborasi Menuju Aksi

By[email protected]

Des 17, 2020

Medan, Pusinfo – Di penghujung tahun 2020, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera (Kwardasu) menggelar Sidang Paripurna Daerah (SIPARDA) . Kegiatan ini sebagai ajang evaluasi dan pemantapan program kerja terkhusus bagi Pramuka Penegak dan Pandega. Sasarannya bukan hanya sekadar menitikberatkan kepada program kerja, namun nantinya akan menghasilkan keputusan-keputusan yang akan membuat Pramuka Sumut yang maju dan bermartabat. Demikian sambutan sekaligus membuka kegiatan Sidang Paripurna Daerah Kwardasu 2020 oleh Ka Kwardasu yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kwardasu, Dr. Drs. Abdul Rajab, M.Si. Kegiatan dipusatkan di Hotel Kanaya, Jalan Darussalam Medan Petisah Kota Medan, yang berlangsung dari Kamis-Jumat (17–18/12).

Ketua Panitia SIPARDA Kwardasu 2020 Rizki Zulhabdi Damanik, SP, melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Dewan Kerja Cabang Kwarcab Kab/Kota se-Sumut dengan mengirimkan delegasi Ketua serta Wakil Ketua. Mengusung tema Kolaborasi Menuju Aksi dengan motto Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. Sampai berita kegiatan ini dilaporkan, sudah ada 19 Kwarcab yang hadir dan bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga sebagai ajang silahturahmi dan konsolidasi program kerja untuk tahun mendatang.

Ka Kwardasu yang diwakili oleh Sekretaris Kwardasu, Kak Rajab berfoto bersama peserta SIPARDA Tahun 2020

“Mengambil tema kolaborasi menuju aksi, kami berharap dalam kegiatan ini nantinya akan terwujud kolaborasi program-program yang akan membawa Pramuka baik Penegak dan Pandega semakin maju dan bermartabat. Kegiatan ini nantinya terdiri dari diskusi, curah gagasan dan pemecahan masalah (problem solving). Selamat berparipurna Kakak-kakak sekalian, mari kita kolaborasikan ide-ide terbaik menuju aksi yang luar biasa, maju serta bermartabat,” ungkap Kak Rizki yang juga menjabat sebagai Pengurus Dewan Kerja Daerah Kwardasu.

Ketua panitia, Kak Rizki (pertama dari kiri) bersama panitia dari DKD Kwardasu dalam kegiatan SIPARDA Kwardasu tahun 2020

Dalam sambutan sekaligus arahan Ka Kwardasu yang dibacakan oleh Kak Rajab menjelaskan bahwa kegiatan SIPARDA ini nantinya akan menjadi bahan untuk membantu dan melaksanakan tugas kegiatan di Kwarcab masing-masing, serta dapat terus belajar. Merawat ke-Binekaan, mempertahankan NKRI, serta menjaga nilai-nilai Pancasila dalam tantangan zaman yang terus berkembang.

Sekretaris Kwardasu, Kak Rajab mengalungkan tanda peserta

“Kegiatan ini menjadi tolok ukur bagi adik-adik sekalian nantinya akan mengaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan di Kwarcab masing-masing, pastikan diikuti dengan serius dan sungguh-sungguh. rawat nilai-nilai Pancasila, ke-Bhinnekaan serta belajar mencintai NKRI. Ingat, tantangan semakin banyak dan mengharuskan adik-adik untuk terus berbenah, berkolaborasi sehingga mampu menghadapi perubahan zaman yang semakin pesat, terlebih dalam masa-masa pandemi saat ini,” ujar Kak Rajab menyampaikan amanat Ka Kwardasu.

SIPARDA Kwardasu Tahun 2020 diikuti oleh peserta dari Dewan Kerja Cabang Kwarcab Kab/Kota se-Sumut

Dirinya juga mengingatkan untuk senantiasa menjalankan prokes Covid-19 selama kegiatan berlangsung dengan selalu menerapkan 3 M, Memakai masker, Mencuci tangan, hingga Menjaga jarak. Kegiatan ini juga dibuka dengan Adat Bukit Barisan oleh Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwardasu, Muhammad Fadli, A.Md, disusul dengan pembacaan Sandi Ambalan oleh para peserta kegiatan.

Kegiatan SIPARDA juga dibuka secara adat Bukit Barisan oleh Ketua DKD Kwardasu Muhammad Fadli, A.Md

Teks : Kak Hisyam

Foto : Kak Untung & Panitia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *