KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA SUMATERA UTARA

Targetkan Pembangunan Berkelanjutan, Kwardasu Selenggarakan Pramuka For SDGs

By[email protected]

Des 16, 2020

Medan, Pusinfo –  Gerakan Pramuka memiliki konsep brotherhood (persaudaraan) yang menjadi motor penggerak dalam beraktivitas sehari-hari  untuk membuat kegiatan dan berperilaku dalam menjalani hidup, hal ini pulalah yang menjadi tujuan Sustanable Development Goals (SDGs) yang ke 16 yaitu : Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh. Demikian sambutan dalam  kegiatan Workshop Pramuka For SDGs yang dibuka langsung oleh Ketua Kwardasu H. Nurdin Lubis, S.H, M.M yang diselenggerakan di Hotel Grand Kanaya, Sabtu – Minggu ( 12—13/12).

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksanaan yang disampaikan oleh Andalan Bina Luar Negeri Yulia Indawardhani Lubis, SS, MSP mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian kontribusi aktif dari Gerakan Pramuka dalam aksi-aksi global sebagaimana yang dicanangkan oleh WOSM ( World Scout Organization Movement) sebagai induk organisasi kepanduan seluruh dunia. Salah satu program global tersebut adalah Scouts for SDGs atau Pramuka untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Ka Kwardasu berfoto bersama dengan Panitia dan Peserta kegiatan Workshop Scouts For SDGs

“Sustainable Development Goals atau SDGs merupakan 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan waktu yang telah disepakati oleh 193 negara di dunia melalui UNDP (United Nation Development Programme) sebagai agenda dunia dalam pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. Target kegiatan ini adalah tersosialiasinya dengan baik dan terukur 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, termotivasinya Pramuka di jajaran Kwardasu untuk turut serta dalam program Scouts for SDGs ini, dan tersusunnya sebuah rencana yang visible dan doable di 33 kwarcab se-Sumatera Utara,” paparnya.

Pembentukan Pramuka Pendamping Desa

Kegiatan ini dilakukan secara virtual mengingat masih di tengah masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih ditetapkan status darurat oleh pemerintah. Berdasarkan laporan panitia, kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari 33 Kwarcab kab/kota se-Sumut. Narasumber kegiatan ini akan hadir secara virtual melalui platform Zoom, yaitu Kak Berthould Sinaulan selaku Waka Bidang Humas Kwarnas dan Kak Dr. Rachman Kurniawan dari Sekretariat SDGs Kementrian PPN/Bappenas RI. Selain itu hadir juga narasumber dari Global Program WOSM dan APR.

Salah satu Narasumber memberikan paparan materi via platform Zoom

Menurut Kak Dr. Prawidya Hariani RS, S.E, M.Si, Sekretaris Bidang Hubungan Luar Negeri Kwardasu menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya pengenalan Sustainable Development Goals kepada Insan Pramuka Sumut. Dengan menghadirkan pembicara dari Kwarnas, akademisi dalam dan luar negeri. “Kegiatan ini diharapkan mampu membawa momentum Gerakan Pramuka dalam arah pembangunannya yang mengacu kepada SDGs Concept. Dalam sesi ini target kita akan melakukan cetak biru dengan nota kesepahaman untuk pembentukan Pramuka Pendamping Desa,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kwardasu dan PT. Syncore Indonesia yang berlokasi di Kota Jogjakarta, tujuan MoU ini adalah untuk membentuk Pramuka Pendamping Desa. MoU dilakukan oleh kedua belah pihak dengan penandatangan langsung oleh Ka Kwardasu, Kak Nurdin Lubis.

Penandatanganan MoU antara Kwardasu dan PT Syncore Indonesia dalam program Pramuka Pendamping Desa

Ka Kwardasu berharap kegiatan. Ini membawa manfaat positif bagi kemajuan gerakan Pramuka Sumut. “Kita butuhkan terobosan baru yang kreatif dan inovatif dari semua bidang yang ada di Kwardasu untuk berkompetisi positif menyampaikan dan menggelar kegiatan sesuai bidangnya, sehingga dinamika kegiatan ke-Pramukaan di Sumut berlangsung dengan baik dan membawa generasi Pramuka yang maju, mandiri, serta bermartabat, ” tegasnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini Waka Bidang Organisasi dan Hukum, H. Ok Zulkarnain, S.H, M.Si, Waka Bidang Kerjasama Antar Kwarda dan Lembaga H. Elyuzar Siregar, S.H, M.Hum, para Andalan Kwardasu, Staff Sekretariat Kwardasu, Pusinfo, serta Panitia kegiatan yang berasal dari Bidang Hubungan Luar Negeri lainnya.

Sebagai salah satu bentuk aplikasi SDGs, Panitia memberikan tempat minum (tumbler) kepada Ka Kwardasu

Teks dan Foto : Kak Hisyam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *