KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA SUMATERA UTARA

Workshop Kehumasan Kwardasu 2020 : Humas Berdaya, Pramuka Terkemuka

By[email protected]

Des 15, 2020

Medan, Pusinfo – Perkembangan dunia digital yang pesat memaksa setiap individu untuk terus bergerak terutama dalam menemukan inovasi dunia komunikasi dan kehumasan. Hal ini tentu menjadi salah satu keahlian utama yang harus dimiliki oleh insan-insan ke-Pramukaan. Guna menambah kemampuan tersebut, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara (Kwardasu) menyelenggarakan workshop kehumasan Kwardasu 2020. Kegiatan dipusatkan di Mess BPPT Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Kota Medan, Jumat-Minggu (11–13/12).

Hadir dalam kegiatan Ka Kwardasu H. Nurdin Lubis, S.H, Waka Bidang Humas dan Informatika, Dr. H. Ali Murthado, M.Hum, Kepala Pusinfo Sugiatmo, MA, Andalan Humas Kwardasu Baharudin Saputera, staf Kwardasu dan panitia penyelenggara.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana kegiatan workshop kehumasan, Sugiatmo, MA mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi wadah para peserta yang berasal dari Kwartir Cabang untuk bersama belajar khususnya dalam dunia ke-Pramukaan. “Workshop ini menjadi ajang belajar bersama mengenai dunia kehumasan, sebab setiap aktifitas Pramuka di masing-masing Kwarcab harusnya dipublikasikan agar masyarakat dapat mengetahuinya. Peserta nantinya akan diberikan materi dari narasumber yang kompeten baik dari pemerintah, akdemisi dan unsur jurnalis,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Sugiatmo, MA menyampaikan laporan kegiatan

Sementara dalam sambutannya, Ka Kwardasu H. Nurdin Lubis, S.H menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat dilakukan walaupun di tengah pandemi Covid-19 yang mewajibkan peserta dan panitia untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan dengan prinsip 3 M, memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan. Kak Nurdin juga mengatakan bahwa tema kegiatan ini yaitu Humas Berdaya, Pramuka Terkemuka adalah tema yang membawa peran humas di tengah kegiatan ke-Pramukaan, tujuannya adalah untuk membawa citra Pramuka semakin terkemuka.

“Perlu diketahui dengan adanya pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini, pemerintah masih mensosialiasisasikan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemic Covid-19 maka kegiatan workshop kali ini berbeda dengan yang biasa kita lakukan. Kita lakukan dengan tidak mengundang seluruh perwakilan Kwarcab Kabupaten dan Kota se-Sumut dan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan dimana para kakak-kakak sekalian dapat mengelaborasikan kemampuan kehumasan dalam dunia Pramuka. Mengambil tema “Humas Berdaya, Pramuka Terkemuka” adalah memberdayakan kegiatan humas yang meliputi penyiaran, peliputan serta pendokumentasian kegiatan ke-Pramukaan agar semakin dikenal masyarakat, khususnya peran Pramuka dalam membantu penanganan di masa-masa pandemi Covid-19 saat ini”, ujarnya dalam sambutan membuka kegiatan.

Ka Kwardasu menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan

Dalam kegiatan ini hadir sebanyak 27 peserta dari 15 Kwarcab yang sebelumnya mendapat surat undangan dari Kwardasu. Sementara narasumber yang hadir diantaranya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, LPP TVRI Medan, Radio Republik Indonesia (RRI), Harian Analisa, dan akademisi media sosial kota Medan.

Salah satu pemateri menyampaikan materi kepada para peserta Workshop Kehumasan

Teks : Kak Hisyam

Foto : Kak Bahar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *